Jumat, 08 Januari 2010















KERINCI - Mengenai letak Ibu Kota baru Kerinci menjadi pembicaraan hangat dikalangan masyarakat Kerinci dalam beberapa waktu ini. Terlebih setelah ITB merekomendasikan empat wilayah yang layak menjadi Ibu Kota Kerinci yakni Pendung Hilir Semurup di Air Hangat,Kemantan Tinggi dan Sungai Tutung di Air Hangat Timur dan Sangarang Agung di Danau Kerinci.
Terlepas dari hasil rekomendasi ITB yang tidak kalah menarik adalah adanya keinginan masyarakat Semurup untuk menjadi Ibu Kota baru Kerinci.Di semurup sendiri seruan untuk menjadikan wilayahnya menjadi Ibu Kota Kerinci telah lama terdengar semenjak pertengahan tahun 2008 dalam setiap kegiatan selalu didengungkan agar masyarakat Semurup mendukung proses pengajuan Semurup menjadi Ibu Kota Kerinci.
Seperti yang dikatakan oleh Zaidir S.Pd, salah seorang Tokoh Masyarakat semurup. ”Mari kita galang dukungan untuk mewujudkan wilayah kita menjadi Ibu Kota baru kerinci,karena daerah kita memang layak untuk menjadi Ibu Kota Kerinci pada peringatan 17 agustus yang lalu,” katanya.
Infojambi.com mencoba mengkonfirmasi salah seorang anggota DPRD asal Semurup, Nopantri SP yang kembali terpilih untuk duduk di legislatif pada pemilu. Namun sayangnya belum bisa menjawab dan memberikan tanggapan.
Sekadar diketahui masyarakat Semurup telah lama mempersiapkan area yang akan dijadikan dan dikembangkan menjadi pusat perkantoran dan pusat kota. Area tersebut letaknya arah Bukit Selasih dan objek wisata Air Panas Semurup dan bias juga didaerah Pendung.
Hal ini menunjukkan bahwa Semurup memang siap untuk menjadi Ibu Kota baru Kerinci meskipun banyak hal lain yang patut diperhitungkan untuk mewujudkan suatu daerah menjadi Ibu Kota Kabupaten.
Dilihat dari segi letak, Semurup juga memiliki letak yang strategis dan mudah dijangkau dari berbagai arah apalagi setelah adanya jalan tembus ke arah Pesisir Selatan yang dibuat pemkab Kerinci di Desa Sekungkung mempersingkat jarak tempuh Semurup dengan daerah lain. Selain itu Semurup juga mudah dijangkau dari Kayu Aro, Gunung Kerinci karena terletak dijalan lintas Sungai Penuh-Padang selain itu daerah ini juga memiliki kedekatan khusus.
Alternatif lain yang juga menjadi nilai plus Semurup yakni dari arah hilir juga menjadi dekat dengan adanya jalan di bagian pesisir bukit yang menghubungkan Semurup dengan beberapa daerah Hilirlain seperti Kemantan,Sungai Tutung Hiang Dan Sanggarang Agung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar